Rabu, 17 Oktober 2012

Alat musik Hang


Berawal dari ketidaksengajaan, lagi Googling dan Youtube tentang Dubstep akhirnya nemu sebuah alat musik yang baru kali ini aku lihat dan kudengar. "HANG", termasuk golongan idiophone,setiap alat musik yang mengeluarkan suara terutama dengan cara menggetarkannya, tanpa menggunakan senar atau membran.
Hang diciptakan tahun 2000 di Bern, Switzerland, oleh Felix Rohner and Sabina Schärer dari THE PANArt Company. tercipta melalui sebuah penelitian pada steelpan dan studi tentang koleksi beragam instrument dari seluruh dunia, seperti gong, gamelan, ghatam, drum, lonceng, dan alat musik dengan bahan logam lainnya. Para penemu terinspirasi untuk membuat instrument drum dari akar etno musikological. Mereka membuatnya dengan menggabungkan suara seperti hijaz, Aeolian, dan akebono.
Nama dari alat musik ini diambil dari kata tangan sebagai organ manusia yang akan digunakan saat bermain alat musik ini. Hang adalah alat musik yang terbuat dari dua lembaran baja Nitrided yang dilekatkan bersama-sama sehingga membentuk suatu bidang yang mirip atau dikenal sebagai “bentuk UFO”. Di dalamnya kosong, hana berisi udara. Bagian atas ("Ding"), ditengahnya terdapat satu bidang nada dengan bentuk tonjolan keluar, di sekitarnya terdapat tujuh atau delapan bidang nada dengan bentuk tonjolan ke dalam. Bagian bawah ("Gu") merupakan permukaan sederhana yang memiliki lubang pada bagian tengahnya dengan nada yang bisa disesuaikan ketika lingkaran dibunyikan.
Hang menggunakan beberapa prinsip fisik yang sama seperti panci baja tetapi dengan permukaan Nitrided dan perubahan struktural yaitu seperti dua tempurung yang dijepit dan memiliki lubang kecil. Jadi instrumen tersebut merupakan suatu resonator Helmholtz. Penciptaan Hang merupakan hasil penelitian selama bertahun-tahun terhadap steelpan (panci baja) serta studi tentang koleksi beragam instrumen dari seluruh dunia seperti gong, gamelan, ghatam, drum dan lonceng. Penelitian Metalurgi dan akustik dilakukan oleh para pembuat telah memberikan perubahan signifikan dan perbaikan dalam struktur, proses desain, dan selama bertahun-tahun sejak Hang pertama ditawarkan.. Bahkan pada 2006, diperlihatkan hang drum dalam versi baru dengan permukaan tas terbuat dari kuningan. Material kuningan juga menjadi pembeda hang drum generasi pertama dengan generasi kedua.


1 komentar:

Lindi Classic mengatakan...

thanks infonya...saya juga baru pernah liat. gak sengaja lihat di youtube. tadinya cari musik gitar akustik, eh nyelip du hang massive