Kamis, 20 Oktober 2022

FISHING FUN / TSURIKICHI SANPEI

Sanpei Mihira

Pertama kali aku tahu judul ini dari sebuah komik Jepang karya Takao Yaguchi. Sewaktu kecil, aku sering kali mengunjungi Taman Bacaan yang berada dekat sekolah. Sepulang sekolah, aku pasti mampir ke taman bacaan itu, sekedar membaca ataupun pinjam komik untuk kubaca di rumah. Salah satu komik yang kubaca saat itu berjudul Fishing Fun, menceritakan seorang anak yang sangat menyukai mancing, ia tinggal bersama kakeknya yang berada di pedesaan dan mancing adalah aktifitas setiap harinya

Belasan tahun berlalu, hobi membaca komik masih menjadi salah satu rutinitasku. Kalau dulu, aku pasti menyempatkan ke Taman Bacaan, kini setelah perkembangan teknologi, akses informasi jadi sangatlah gampang. Komik-komik lama kini tersedia dalam bentuk digitalnya, ada yang sukarela mendigitalisasi lembar demi lembar untuk bisa di publish dalam bentuk digital (kebanyakan tanpa izin resmi). Aku jadi bernostalgia kembali dengan membaca ulang komik-komik yang dulu pernah menghiasi hari-hari kecilku. Salah satunya Fishing Fun ini. Dan ternyata, aku kembali mendapatkan informasi bahwasanya komik Fishing Fun ini juga dibuat dalam versi kartun 2D nya dan ada juga dalam bentuk Live Actionnya. Akhirnya dengan penuh perjuangan, aku berhasil mengaksesnya dan menikmatinya.  Fishing Fun sendiri dalam edaran Jepang, lebih dikenal dengan nama Tsurikichi Sanpei.


1.       Komik Fishing Fun

Sumber : Google

Komik ini sendiri terdiri 10 buku. Saat ini aku masih berjuang mengumpulkan pundi-pundi agar bisa membeli dan memiliki komik ini. Semakin lama harga komiknya jadi naik. Dikarenakan buku komik ini termasuk koleksi langka. Kalau boleh saya spoiler sedikit. Dalam komik menceritakan petualangan Sanpei, seorang anak yang sangat menggilai mancing. Ia pernah mancing ikan mas yang berukuran jumbo, ada lagi teknis memancing di salah satu musim, dan lain lain.

Beberapa tahun lalu, aku pernah mendapatkan akses untuk membaca komik digitalnya, saat itu aku berterima kasih yang sudah mendigitalkan komik ini walau tak resmi, karena sudah bisa bernostalgia kembali. Kini aku lebih memilih untuk mengumpulkan uang dan membeli komik aslinya. Jika ada yang menjualnya mungkin dengan harga miring, bolehlah komen dibawah.

 

2.       Anime Fishing Fun

Sumber : Google
Opening : 

Penuh perjuangan untuk mencari tahu mengenai kartun ini. Dan Alhamdulillah aku berhasil mendapatkan dengan mengumpulkannya jadi  satu. Jika kalian ingin mencari, judul kartunnya Tsurikichi Sanpei. Alur kartun ini agak berbeda dari isi komik yang beredar, banyak karakter lainnya yang dimunculkan, dan penggambaran suasana pedesaan Jepang sekitar dibawah tahun 90-an begitu terasa. Visual yang ditampilkan lebih terlihat dan berwarna daripada dikomik. Kartunnya sendiri ada 109 episode, tapi sedikit sayangnya, subtitle yang kudapatkan hanya berbahasa Inggris.

Info lain : Klik!

 

3.       Film Live Action Fishing Fun


Selain kartunnya, aku juga berhasil mendapatkan info film live actionnya. Filmnya dirilis pada tahun 2009 dengan sutradara Yojiro Tako dengan Judul Tsurikichi Sanpei - Sanpei The Fisherboy. Dan lagi lagi, aku terpesona dengan visualisasi suasana pedesaan Jepangnya, dalam film jelas tergambarkan. Sedikit banyak, apa yang terdapat dalam komik juga tervisualkan dalam film ini. Film ini awalnya berhasil kudapatkan dengan subtitlte terpisah berbahasa Inggris, dilandasi keinginan agar bisa menikmati bahasanya. Aku pun, menerjemahkannya sendiri subtitle tersebut. Dan Alhamdulillah akhirnya bisa menikmatinya.  

Trailernya :

 

Di beberapa platform, Film Live Action hanya tersedia subtilte berbahasa Inggris, tapi aku menerjemahkannya dalam Bahasa Indonesia. Jadi bagian kalian yang ingin film dan subtitle nya, silahkan komen di kolom komentar. Tapi, Anime nya hanya tersedia subtitle Bahasa Inggris, aku belum ada kesempatan untuk membuat terjemahannya. Dan untuk komiknya kalian bisa cari sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar