Senin, 14 September 2020

Visa från utanmyra

Artikel ini lama sekali tertanam menjadi draft, mungkin ada sekitar 3-4 tahun. Jadi iseng buka kembali blog dan melihat draft ini masih tersimpan. Mumpung bisa dikerjakan akhirnya mencoba merampungkannya.

Pertama kali mendengar lagu ini, dari band Wintergatan yang di aransemen ulang. Saat itu, lagu ini menjadi top playlistku. Mungkin hampir sebulan sering kudengar berulang-ulang. Merasa penasaran akhirnya aku mencoba mencari tahu tentang lagu ini. Kucoba Googling mencari info dan kudapatkan dari wikipedia ternyata ini Lagu Tradisional dari Swedia yang merupakan melodi dengan dua bagian teks.
Teks pertama berjudul O tysta ensamhet (terjemahan : Oh Silent Solitude). Ditulis oleh Olof von Dalin.
Teks kedua berjudul Visa Från Utanmyra, ditulis oleh björn lindroth.
Teks Lindroth mungkin adalah versi paling terkenal saat ini. Utanmyra sendiri adalah nama desa småort yang terletak di Sollerön, Dalarna, Swedia.

Lagu tersebut telah dimainkan dalam konteks jazz dan ditafsirkan oleh beberapa artis, termasuk Arne Domnerus, Monica Zetterlund, Wintergatan, dan Jan Johansson. Versi Johansson ditampilkan dalam album Mani 1964 Jazz pa svenska.


Band Folktronica Swedia Wintergatan meliput lagu itu pada tahun 2014.


Sumber : Wikipedia!

Karena masih merasa kurang informasi, akhirnya aku coba bertanya dengan salah seorang temanku yang kebetulan sedang kuliah di Swedia, Mba Sari (Salah seorang personil Archie Band, asal kota Palembang). Selain bertanya mengenai asal usul lagu dan lainnya, aku juga mencoba  meminta dirinya mungkin saja bisa mendapatkan rekaman fisik aslinya dalam versi Wintergatan. Ia pun bertanya dengan temannya yang disana, itu merupakan salah satu lagu tradisional dari Swedia dan seperti yang kudapatkan informasinya melalui Google juga. Aku rada lupa apa lagi yang pernah disampaikannya, tapi seingatku disana beriklim SubTropis yang mempengaruhi melodi dengan alunan yang lembut. Singkatnya irama musim dingin.

Tak banyak informasi yang kudapatkan. Tapi, bisa kusimpulkan sedikit, lagu ini sudah 4x diaransemen ulang para seniman musik. Tentunya lagu ini memberikan kesan tersendiri mengenai sebuah memori kerinduan akan suatu tempat. (Itu sih kesimpulanku)
Karena ketika aku mendengarkan lagu ini, aku seperti teringat akan suatu tempat. Semacam kerinduan.

Silahkan kalian dengarkan dan mana versi yang kalian suka.
Berikut aku sertakan beberapa versi dibawah ini :

1. Arne Domnerus




2. Monica Zetterlund


3. Jan Johansson



4. Wintergatan 



Bonus : Wintergatan - The making of Visa från Utanmyra




Dan versi Wintergatan yang menjadi favoritku, karena penggunaan berbagai alat musik yang menurutku jadi sangat menarik. Bahkan ada alat musik yang belum pernah kulihat dan suara yang dihasilkannya sungguh jadi paduan yang harmoni.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar