Kamis, 01 November 2012

Palembang Tempoe Doeloe

Aku bukan asli putra Palembang, ibuku Jawa tapi aku memiliki darah Palembang dari ayahku yang asli Palembang. Secara tidak langsung aku disinilah aku berasal. Salah satu kota yang memiliki sejarah panjang di Indonesia. Ingin sekali kujelajahi tiap sudut kota ini. but, someday .. 

Entah kenapa aku suka dengan sebuah sejarah, memiliki nilai historikal yang tak bisa dibeli dengan apapun. Untuk mengabadikan hal itu terkadang kita melewatkannya karena larut dalam hal itu atau bahkan tak punya sebuah media untuk mengabadikannya. Berikut beberapa foto Palembang Tempoe Doeloe yang berhasil kujelajah dari dunia google.. 

Pembangunan Jembatan Ampera (1962)
Pasar 16 Ilir

Palembang dulu punya alun-alun yg sekarang berdiri sebuah Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) 1953
Salah satu sudut jalan Dempo (1935)
Palembang doeloe (1965)

Jembatan Kertapati (1947)
Jalan Tengkuruk yang dulu masih ada Sungai Tengkuruk,Anak Sungai Musi (1900)
Bioskop Majestic (1953) yg juga sebuah Restoran sekarang menjadi Pasaraya JM

Seputaran Merdeka saat Palembang Banjit tahun 1947
Salah satu sudut Sungai Sekanak (1935)
Pasar Cinde

Pembangunan Kantor Ledeng sekarang Kantor Walikota
Sumber : Sumber 1 dan Sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar